Social Icons

Social Icons

Pages

Senin, 27 Februari 2012

Lunascape: Browser dengan 3 Rendering Engine

Lunascape berasal dari Jepang, sama seperti Sleipnir yang sebelumnya sudah dibahas oleh sushi, tapi Sleipnir hanya menggunakan engine tunggal yaitu Trident. Lunascape pertama kali dikembangkan oleh Hidekazu Kondo dan sekarang beliau telah menjadi CEO di Lunascape co., LTD.. Perusahaan ini berlokasi di kota Tokyo dan usahanya berfokus pada pengembangan web browser, termasuk web browser Lunascape versi mobile untuk sistem operasi Windows Mobile 5.0/6.0.
Sudah ada berapa browser yang terinstal di komputer Anda? Pertanyaan ini menunjukkan kalau saya sangat yakin sebagian besar orang telah menginstal lebih dari satu jenis browser di komputernya. Pasti ada banyak alasan untuk itu, entah itu adalah browser bawaan sistem operasi^^, fitur-fitur yang unik, faktor kebiasaan ataupun kecepatan render. Untuk masalah yang terkait dengan rendering, saat ini terdapat tiga engine utama yang dipakai:
  1. Trident (Internet Explorer, Avant Browser, Maxthon)
  2. Gecko (Firefox, Seamonkey, K-Meleon, Epiphany)
  3. Webkit (Safari, Chrome, Shiira, Arora)
Bagaimana kalau ketiga engine tersebut berada di dalam satu web browser? Hasilnya adalah pemenuhan kompatibilitas standar web dan efisiensi waktu.
Lunascape Genesis diklaim sebagai browser pertama dunia yang mengemas tiga rendering engine dalam satu aplikasi. Tidak hanya itu saja, browser ini juga diklaim sebagai yang tercepat berdasarkan pengujian menggunakan engine Gecko versi terakhir yang sudah dimodifikasi. Pengujian dilakukan di situs di SunSpider dan hasilnya seperti yang terlihat pada grafik.
Fitur
Seperti yang sudah disinggung di atas, keistimewaan Lunascape adalah tiga buah rendering engine yang berbeda untuk me-render halaman web. Dan hebatnya lagi, ketiga engine tersebut dapat dipakai secara bersamaan. Saat pertama kali menjalankan Lunascape kita akan diminta memilih default rendering engine yang akan dipakai, tapi nantinya kita tetap bisa berganti-ganti engine dengan menekan ikon pojok kiri bawah browser atau melalui klik kanan pada tab sehingga tiap tab yang terbuka bisa menggunakan engine rendering yang berbeda-beda.
Fitur-fitur lainnya yang tersedia di Lunascape:
Crash Protection, crash tidak akan mempengaruhi seluruh browser, cukup dengan menutup tab yang bermasalah saja Anda tetap dapat melanjutkan browsing
Mouse Gesture, menjalankan berbagai fungsi yang ada dengan gerakan tetikus
Tabbed browsing
RSS News dan Blog Info
  1. Podcast
  2. Form Auto-Saver
  3. Security Management
  4. Popup News
  5. Multi Searchbar
  6. Smart Favorites

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text